Cara untuk menyayangi perbedaan dengan tulus

Menurut saya , di zaman sekarang , kita hanya menggunakan agama sebagai alat untuk mengukur kadar seberapa benar ajaran yang kita anut. Bahkan tidak jarang banyak orang yang menggunakan agama saling melukai, bahkan saling membunuh satu sama lain. Mereka melakukan hal tersebut hanya bertujuan untuk membuktikan ke dunia bahwa agama mereka adalah yang paling suci dan bisa membawa manusia menuju ke surga. Padahal , inti dari semua ajaran agama adalah sama, yaitu “kasih”. “Kasih” yang dimaksud bukanlah seperti kita mengasihi dengan kasih secara emosi, seperti menyukai musuh kita, melainkan menunjukkan perhatian dan keprihatinan yang tulus.  Apakah anda tahu bahwa manado merupakan kota model kerukunan umat beragama ? Masyarakat manado menjunjung tinggi semboyan manado , yaitu “ torang samua basudara” , yang berarti,  “ kita semua bersaudara”. Mereka bisa hidup berdampingan karena mereka mengasihi satu sama lain. Bukan kepada sesama penganut , tetapi kepada penganut agama yang lain. Lalu pertanyaan yang paling besar adalah, “bagaimana cara untuk menumbuhkan kasih kepada sesama?”

 

 

  1. Jangan seperti dia

 

  • JIka anda membenci seseorang , jangan pernah untuk melakukan hal yang anda benci dari orang tersebut. Misalkan anda membenci ayah anda karena dia tidak bisa menyayangi keluarganya , mak anda jangan menjadi orang yang tidak bisa menyayangi. Sebaliknya, jadilah orang yang lebih menyayangi daripada ayah anda. Atau jika anda membenci teman anda karena dia pelit, maka anda jangan menjadi orang pelit. Semakin anda lebih hebat daripada orang yang anda benci , semakin berkurang kebencian anda terhadap dia.

 

 

 

  1. Sabar

 

  • Terkadang rasa marah muncul tanpa sebab ketika kita sedang berbicara kepada orang yang anda benci. Tanpa sadar , nada bicara anda berubah menjadi tinggi. Tips dari saya adalah , diamlah atau bicaralah seperlunya. Jangan terpancing dengan emosi anda. Kalau perlu setelah anda berbicara seperlunya kepada dia , segeralah menghindar dan jagalah jarak dengan orang tersebut untuk sementara.
  1. Menghargai

 

  • Sekeras apapun pemikiran dia , seaneh apapun pendapat dia , anda harus menghargai setiap ide atau perkataan yang dia komunikasikan kepada kita. Jangan memotong atau menyelak ketika sedang berbicara. Hormatilah dan hargailah orang lain dahulu jika anda ingin diperlakukan demikian.

 

 

 

 

 

  1. Memaafkan

 

  • Memaafkan merupakan fase yang sulit untuk mengasihi sesama , tetapi juga jalan yang paling cepat untuk mengampuni. Walaupun luka yang ingin disembuhkan akan menjadi lebih sakit daripada sebelumnya. Janganlah menyimpan dendam. Ibaratnya , anda meminum racun tetapi anda berharap orang tersebut yang mati karena racunnya.

 

Pemerintah juga berperan penting untuk membantu masyarakat untuk saling rukun satu sama lain. Lalu , bagaimanakah cara pemerintah untuk melakukannya?

 

 

 

  1. Publik figure

 

  • Pernahkah anda melihat artis yang anda suka memperlihatkan sesuatu yang dia punya atau pakai di suatu acara tv , seminar, atau iklan? Saya ambil contoh. Ketika kita memamerkan sandal jepit swallow seharga Rp 5000 , orang – orang yang melihat kita pasti tidak akan merespon apa – apa. Coba bayangkan jika artis internasional yang memakai swallow seperti Orlando bloom , David Beckham , atau Dwayne Johnson. Saya yakin harga sandal swallow akan melonjak nai dari harga Rp 5000 menjadi Rp 500.000. Yang saya maksud adalah , kalau public figure bisa mempengaruhi dengan  begitu dashyatnya , kenapa kita tidak mempergunakannya untuk memberikan contoh kepada masyarakat. Seperti misalnya , membuat acara yang berhubungan dengan agama ( sumbangan untuk pembangunan tempat ibadah agama lain, seminar , talkshow )  dengan artis  – artis papan atas , seperti ariel noah , dude herlino, JKT48 , dll. Karena artis idola mereka telah memberikan contoh yang baik , maka mereka juga akan melakukan hal yang sama seperti artis yang mereka idolakan.

 

 

  1. Pendidikan
  • Pendidikan merupakan akar yang harus diperkuat jika para moral masyarakat ingin ditingkatkan. Pelajaran seperti agama dan Pendidikan kewarganegaraan harus ditingkatkan lagi di sekolah maupun kuliah. Tidak hanya teori , tetapi mereka juga dibekali dengan kegiatan praktek. Solusi ini bisa digabungkan dengan nomor 1. Tetapi, pendidikan dari orang tua juga sama pentingnya. Jadi , sekolah dan orang tua harus memberikan pendidikan yang baik bagi anak – anaknya
  1. Perlindungan
  • Memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat yang ingin memeluk suatu agama merupakan suatu kewajiban dari pemerintah. Jika ada terjadi konflik , sebaiknya dibicarakan secara kekeluargaan dahulu kepada yang bersangkutan. Untuk perlindungan , dibutuhkan ormas dengan respon yang cepat untuk menanganinya. Disarankan ormas yang dibuat adalah netral , tidak mendukung suatu pihak. Contoh ormas tersebut adalah Brigade Manguni atau Legium Cristum di Manado. Ormas tersebut diakui oleh masyarakat dan membantu dalam menyingkirkan ormas – ormas yang meresahkan.

Setiap orang mempunyai haknya untuk menganut agama yang dia mau. Dan orang lain tidak mempunyai hak untuk mengganggu ketenangan orang tersebut. Masyarakat dan pemerintah harus turut bekerjasama untuk menciptakan Indonesia yang nyaman untuk ditinggal. Membutuhkan waktu yang lama untuk mencapainya, tetapi hal tersebut akan setimpal dengan hasilnya. Tidak ada yang mustahil, hal tersebut pasti bisa.

Sayembara Ahmad Wahib 2014

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s