Yakin , Air asia yang mengubahmu ?

apakah anda pernah menyesal untuk hal yang tidak pernah anda lakukan? Jika jawabannya iya , apakah anda sudah menebus penyesalan tersebut dengan melakukan hal yang harus anda lakukan?

Saya pernah menyesal ketika saya masih di SMK , saya tidak pernah meluangkan waktu luang saya untuk traveling. Padahal saya tidak mempunyai masalah dengan faktor yang menjadi penghalang utama traveling ( waktu dan uang ) . untuk masalah keuangan, terkadang saya suka ditawari pekerjaan menjadi Sales Promotion Boy di beberapa event ( dulu saya ganteng , loh! ). Di masa kuliah , saya juga masih mempunyai waktu luang yang banyak. Untuk pergantian semester saja diberikan waktu liburan selama satu bulan , itu sudah termasuk libur selesai Ujian Akhir Semester dan ditambah libur lebaran. Untuk keuanganpun terbilang cukup walaupun jumlahnya tidak sebanyak yang saya hasilkan ketika saya masih SMK.

Semakin tua hasrat berpetualang saya pun makin menjadi. Tetapi semakin tua , tingkat penghematan dan kemalasanpun menjadi juga. Saya menjadi malas untuk capek ketika bertraveling, mau traveling dengan budget yang murah dan nyaman selama di perjalanan , malas merencakanan itienary perjalanan? , dll. Trinity pernah menuliskan beberapa  tips tentang jalan – jalan murah di dalam bukunya, yaitu salah satunya adalah dengan memenangkan lomba tertentu . Sayapun mengikuti sarannya dan akhirnya sampailah saya di lomba Air Asia Blog Competition ini. kata demi katapun saya hapus dan dirangkai lagi , siang dan malam pun berganti dengan cepat, essai demi essai selalu diperhalus. Selalu mencari hubungan antara tulisan saya dengan “ bagaimana Air Asia mengubah hidupmu?”. Dan hasilnya adalah,

——————

BLANK

 ——————

Saya tidak pernah naik Air Asia sebelumnya. Malahan saya  pernah menaiki maskapai lain bersama mama saya pulang kampung ke Kalimantan. Sayapun menjadi bingung serta mengalami Creative block. Dan akhirnya malas untuk menyelesaikan apa yang sudah saya mulai. Setiap hari saya pun mensia – siakan hari saya dengan bermain game dan menonton The Big Bang Theory . tapi , saya tidak pantang menyerah dan sayapun memilih untuk melanjutkan tulisan saya. untuk mengatasi masalah Creative block, sayapun mencari inspirasi dengan melihat beberapa tulisan kontestan di facebook. Hasilnya pun bervariasi. Setelah membaca tulisan para pesaing , saya berkesimpulan bahwa Malaysia dan singapura merupakan dua negara yang paling banyak dikunjungi oleh orang Indonesia. Negara yang lainya adalah Vietnam dan Thailand. Kedua negara tersebut paling nge-top karena jarak mereka dekat dengan Indonesia. Ditambah lagi , Malaysia dan  singapura lebih maju daripada negara kita. Menurut teori saya, jika anda sudah “mahir” di Malaysia dan singapura maka anda tidak perlu khawatir lagi jika traveling ke negara yang lebih maju lagi , seperti jepang dan prancis. Contohnya , jika anda sudah terbiasa dengan menggunakan Mass Rapid Transit di Malaysia , maka anda tidak akan bingung lagi jika menggunakan TGV di paris.

Ada satu kisah kontestan yang menyentuh hati saya. namanya adalah Diadjeng laraswati H. Jadi , ibunya telah menderita diabetes sejakn tahun 1998. Setelah sadar mempunyai diabetes, setiap bulan beliau selalu memeriksa kadar gula darah dan kesehatannya. Semmuanya baik – baik saja. Tetapi pada tahun 2008 , pembuluh darahnya pecah karena beliau terkadang “nakal” dengan memakan dan menyimpan makanan manis secara diam – diam. Setelah di rontgen , hasilnya pun menyimpulkan bahwa tidak ada keretakan di kepala nya. Dokterpun memberikan pengobatan untuk menghindari terjadinya pendarahan otak. Selama pengobatan , kesehatan beliaupun tidak kunjung membaik dan akhirnya laraswati mengambil keputusan untuk membawa ibu nya untuk berobat ke Penang Aventist Hospital ( PAH ). Tetapi masalah tidak kunjung sampai disitu, kondisi keuangan mereka pada saat itu tidak mencukupi untuk melakukan perjalanan ke Penang. Untung saja pada saat itu, harga tiket pesawat Air Asia pada saat itu mampu dibeli oleh mereka. Akhirnya , merekapun berhasil berobat ke PAH dan Puji Tuhan , kesehatan ibunya laraswati pun membaik dan beliau diijinkan untuk meninggalkan rumah sakit.

Berbeda dengan cerita tesyablog. Saudara-nya yang biasa dipanggil Aa , juga mengidap penyakit diabetes di umur 17 tahun. Aa terkena penyakit tersebut karena Aa tidak menjaga kesehatan tubuhnya selama di Bermuda. Karena kasih sayang yang besar terhadap kakak tertuanya , akhirnya tesyablog memutuskan untuk memberikan uang tabungannya kepada Aa dan Ochie ( istrinya ) untuk honeymoon di bali. Selama 17 tahun Aa berjuang melawan penyakit yang dideritanya. Tetapi sayang Tuhan berkehendak lain , Aa pun sudah berpulang ke sisiNya . walaupun duka menimpa tesyablog, tetapi ia tidak menyerah terhadap cobaan yang dideritanya. Tesyablog tetap melanjutkan misinya untuk membahagiakan Aa dengan tetap traveling ke berbagai negara , seperti Singapura , Australia ,  bahkan New Zealand. Tesyablog percaya bahwa dengan matanya. Tesyablog mengajak Aa untuk melihat keindahan dunia. Walaupun ia tidak mengikuti perjalanan nya satu – persatu, namun ia tau Aa selalu bersama nya.

Setelah membaca kedua kisah kontestan tersebut, sayapun menarik kesimpulan bahwa Air Asia tidak bisa mengubah hidup siapapun. Bukan laraswati , bukan tesyablog , bukan saya, maupun anda. yang bisa mengubah hidup anda adalah anda sendiri. Im serious! Orang – orang yang kamu kenal hanya bisa memberikan kesempatan untuk berubah , hanya bisa menjadikian diri mereka contoh yang baik untuk anda tiru. Kitalah yang harus mengambil keputusan untuk berubah dan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Jika anda menunggu perubahan dari sahabat – sahabatmu , pacar mu, bahkan papa mama-mu , perubahan itu tidak akan terjadi. Jadi , apakah yang anda pilih ? mengambil keputusan untuk berubah atau anda tetap menunggu ? pilihan di tangan anda.

Leave a Reply

