Tips touring

Yang saya tau, orang Indonesia suka sekali melakukan touring.

Kalau touring, orang Indonesia ya jagonya , apalagi kalau pas hari libur atau hari besar. Kita suka sekali yang namanya ngumpul – ngumpul dengan kerabat , baik dengan keluarga , teman , pacar , dll. Touring yang saya pernah ikuti hanya sekali, yaitu pada saat ke cibodas. Selama touring . terjadi banyak kesalahan yang kami alami di sepanjang perjalanan. mungkin kesalahan yang kami alami juga terjadi pada kegiatan touring anda. Saya memang masih pemula dalam touring. tetapi saya ingin membagikan beberapa tips untuk mengadakan touring.

  1. Survey dahulu tempat yang akan anda tuju. Seperti bagaimanakah kondisi jalanan yang akan dilewati, harga tempat menginap , tempat pariwisata yang akan dituju , jalur alternative jika jalan utama anda terhalang , dll.
  1. Persiapkanlah matang – matang rencana perjalanan touring anda . semakin lama anda dan teman – teman anda memdiskusikannya , semakin baik rencana anda. Rencanakanlah tentang hal – hal yang harus dilakukan. Seperti , berapa motor yang akan dibawa dan pasangan boncengan , siapakah yang akan membawa motor , formasi dari barisan motor , jam berapa kalian akan makan , kegiatan apa saja yang akan kalian lakukan dll. Buatlah rencana cadangan jika rencana kalian tidak terjadi sesuai rencana.
  1. Bagilah tugas ke beberapa orang. tugas yang terpenting adalah konsumsi , leader , coordinator , sweeper , dan finance. Mari saya jelaskan satu – satu.
  • Konsumsi : orang yang bisa memegang konsumsi harus bisa memasak masakan yang ENAK. Alangkah baiknya jika seksi konsumsi membeli bahan makanan di daerah tempat dia tinggal. Karena jika kalian membeli di kota tujuan kalian, maka kemungkinan harga barang yang akan kalian beli menjadi lebih mahal dari sebelumnya ( Memang tidak pasti , tetapi bisa saja terjadi ).  Dan juga akan membuang banyak waktu. Buatlah porsi makanan bagi masing – masing orang ( termasuk nasi!) . Kita tidak bisa menebak seberapa banyak porsi makanan anggota touring kecuali sudah berteman lama. Hal ini juga mencegah perselisihan antar anggota karena masalah kekurangan makanan.
  • Leader : posisi ini harus tau betul rute jalan yang akan dilewati dan juga jalur alternatif. Posisi leader berada di barisan paling depan untuk mengawal jalan. Leader juga harus selalu memberikan sign kepada anggota di belakangnya. Seperti jika ada anggota lain yang ketinggalan , maka leader harus memberikan sign kepada anggota di belakangnya untuk berhenti dan menunggu anggotanya ( nanti akan saya bahas ). Leader juga harus bisa mengambil keputusan dengan cepat selama kegiatan berlangsung. Jangan ragu untuk bertanya kepada anggota touring untuk mengambil kesepakatan bersama.
  • Coordinator : orang tersebut harus mengatur dan membagi waktu di dalam jadwal kegiatan. Seperti tempat berkumpul , waktu untuk istirahat , waktu untuk isi bensin , waktu untuk jadwal makan , waktu untuk membeli oleh – oleh , waktu untuk pulang , dll. Coordinator harus membicarakan hal ini kepada leader , agar leader bisa menyesuaikan kegiatan di jadwal yang sudah ditentukan
  • Sweeper : orang ini berada di barisan paling belakang. Sweeper juga sama pentingnya dengan leader. Tugas dari sweeper adalah memantau anggota touring di depannya agar tidak ketinggalan. Sweeper juga harus tau rute jalan yang akan dilewati jika seandainya sweeper ketinggalan jauh dari rombongan , atau mengawal anggota yang ketinggalan.
  • Finance : bertugas untuk mengontrol uang . buatlah uang kas , agar tidak repot lagi menagih ke anggota satu per satu . uang kas berguna sekali untuk menghemat waktu. Gunakanlah uang kas jika mau untuk membayar sesuatu yang jumlahnya sama. seperti untuk masuk ke tempat wisata , uang parkir . saran saya , jangan menggunakan uang kas untuk membayar konsumsi anggota yang diluar jadwal kegiatan. Karena seperti yang saya sudah pernah bilang , porsi makanan orang berbeda – beda. Jangan takut untuk menagih uang kepada anggota touring jika uang yang dibutuhkan kurang. Jangan berpikir kalau anda bisa KKN-an dengan menjadi finance. Karna kalau anda ke-gep , maka kepercayaan teman – teman anda akan hilang dengan sekejap mata.
  1. Buatlah body language atau sign untuk memberitaukan keadaan kepada barisan depan maupun belakang. Seperti jika leader mau belok kanan , maka dia  atau partner harus memberikan sign untuk belok kanan kepada orang di belakangnya sampai dia melihat sign tersebut. Begitu juga dengan orang yang dibelakang barisan leader , harus siap menerima sign dari leader dan memberikan sign yang sama kepada anggota belakangnya. Begitu seterusnya sampai diterima oleh sweeper. Kekompakan antar anggota sangat diperlukan disini. Beberapa sign yang penting adalah sign untuk belok kanan , belok kiri , lurus terus , ada lubang di jalan , memutar balik  , berhenti , berhenti untuk menunggu anggota yang ketinggalan dll. Buatlah sign yang mudah untuk dilihat dan dilakukan. Jika kalian mempunyai uang lebih , alangkah baiknya jikalau kalian membeli walkie talkie dan juga tongkat yang bisa bersinar di malam hari. Jika barisan belakang ingin memberikan sign kepada barisan depan , hal yang paling simple adalah membunyikan klakson dengan periode yang panjang. Atau ganti klakson dengan bunyi yang sudah ditentukan.
  1. Jangan pernah memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi karena beresiko bagi diri sendiri maupun orang lain. Tujuan anda adalah touring, bukan kebut – kebutan dengan teman anda.
  1. Patuhilah rambu – rambu lalu lintas yang berlaku. Untuk leader , perlahankan kendaraan pada saat lampu kuning menyala. Resiko yang dihadapi jika leader tetap jalan adalah anggota bisa ketinggalan di belakang jika ia berhenti pada saat lampu merah , dan juga bisa terjadi resiko kecelakaan jika menerobos lampu merah. Jangan pernah menyerobot jalan orang lain. Banyak orang – orang yang bodoh dalam memakai hak jalannya. Slow but sure
  1. Untuk partner selalu mengecek barisan di belakangnya , apakah mereka ketinggalan atau tidak. Segera berikan tanda jika ada anggota yang ketinggalan
  1. Cek keadaan kendaraan baik sebelum berangkat maupun sedang istirahat. Untuk memaksimalkan kendaraan , service kendaraan anda seminggu sebelum hari H. bawalah perlengkapan kendaraan , seperti obeng , tang , dll. Jangan lupa untuk membawa surat – surat kendaraan , seperti SIM , STNK dan KTP.
  1. Bawalah perlengkapan seperlunya . jangan membawa barang yang tidak akan dipakai yang akan memberatkan barang bawaan anda. perkirakan berapa banyak pakaian yang akan anda pakai dengan berapa hari anda akan pergi. Minimal untuk satu hari , satu pakaian sudah cukup untuk dipakai. Untuk motor, kalau barang bawaan sudah tidak ada tempat untuk ditaruh , pasanglah box tambahan.

 10. Jangan membawa perhiasan apapun. Jika anda memakainya di saat traveling , maka anda akan mengundang orang untuk melakukan perbuatan jahat kepada anda. pakailah tas kecil untuk menaruh benda berharga , seperti uang , kartu identitas , handphone , kamera ,dll.

 11. Pakailah toilet di tempat anda menginap sebelum anda pergi. Karena kemungkinan toilet di tempat wisata yang anda tuju tidak akan membuat anda nyaman. Atau yang lebih parah lagi tidak ada toilet.

 12. Selalu menjaga sikap dan perilaku! Apalagi jika anda pergi ke suatu tempat yang bukan daerah yang anda kenal. Seperti kata orang tua , “jika anda baik dengan orang lain , maka mereka juga akan baik kepadamu”.

 13. Jangan mempermasalahkan masalah yang sepele dengan teman anda. selesaikan semua konflik dengan kepala dingin. kalian tidak mau kan kehilangan teman sekaligus mengacaukan liburan kalian ?

 14. Yang terakhir adalah , selalu berdoa kepada Tuhan.

Touring membutuhkan tenaga , waktu , uang yang sangat banyak. Touring juga memerlukan kesabaran yang tinggi. Nikmatilah setiap perjalanan yang akan kalian tempuh apapun kondisinya. Setiap perjalanan yang kalian rencanakan pasti akan tidak berjalan sesuai harapan , jadi jangan berharap terlalu tinggi terhadap traveling kalian. Well, happy touring!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s