Camry Hybrid , pioneer dari Mobil Hybrid

Toyota mobil Hybrid

 

 

Mobil hybrid diramalkan akan menjajahi pasar otomotif pada masa yang akan datang . Hal itu dikarenakan mobil hybrid mempunyai kemampuan untuk mengurangi pengeluaran ekonomi  , serta dapat mengurangi pembuangan gas emisi secara massal , dimana tanpa mengurangi efektifitas dari mobil itu sendiri. Akhirnya , salah satu brand otomotif terkemuka di dunia , Toyota , mengetahui peluang tersebut. Di tahun 1977 , Toyota meluncurkan generasi pertama hybrid yaitu Toyota sport 800 gas turbine hybrid prototype.  Pada  abad 20 diikuti pula dengan diluncurkannya Toyota prius ,yang  saat itu telah menjadi pioneer dari mobil hybrid. Dan sekarang  , yang terbaru saat ini adalah Camry Hybrid. Sejak pertama kali diluncurkan ,  Camry Hybrid langsung menjadi sorotan utama dalam dunia hibrida , baik dari para pecinta otomotif , kritikus , bahkan brand terkemuka lainnya , seperti Mazda , Ford , dll. Toyota ingin mengulang kesuksesannya lagi untuk menjadi pioneer dalam mobil hybrid, seperti yang dicapai oleh Toyota Prius dan juga menjadikan Camry mobil terbaik indonesia

 

Toyota sport 800 gas turbine hybrid prototype

Toyota sport 800 gas turbine hybrid prototype

Exterior

 

Ketika Camry Hybrid diluncurkan pada awal tahun ,  model Camry dari generasi sekarang langsung menuai kritikan pedas dari kritikus,  karena desain dari Mobil Sedan Hybrid tersebut dianggap tidak jauh berbeda dari Camry sebelumnya. Walau yang membedakan hanyalah terbuat dari metal , yang hanya dianggap membuat tampilan Camry Hybrid menjadi lebih crispy dan fresh. Tetap saja , menurut saya desain sedan ini masih menawan , dibandingkan dengan sedan hybrid lainnya ,  seperti Ford Fusion Hybrid , Honda accord Hybrid , dll. Dan fitur lain yang membedakan Camry Hybrid dengan Camry lama adalah dengan adanya tambahan dua LED proyektor di bagian lampu depan dan belakang , yang memberikan kesan lebih futuristik dan eye-catching. Jangan salah sangka , bukan berarti desain mobil hybrid lainnya tidak bagus. Saya suka mobil hybrid merk lain. tetapi saya sudah jatuh hati kepada Toyota Camry Hybrid.

 

2012 Toyota Camry Hybrid

lampu depan Camry Hybrid dengan LED proyektor, memberikan kesan futuristik dan eye-catching

 

Interior and features

 

Struktur kabin Camry Hybrid sangat bagus , modern , dan tidak mengeluarkan suara. Semua bangku supportive baik terhadap pengendara dan penumpang. Di bagian belakang , bangku penumpang mempunyai tempat yang luas , nyaman , mempunyai sandaran kepala yang empuk , dan  juga rongga yang luas untuk mengistirahatkan kaki. Dan ditambah lagi mempunyai fitur untuk memberikan pijatan relaksasi kepada penumpang. Penumpangpun dapat merasakan kenyamanan bak raja.

 

relaxation

rear seat relaxation memberikan kenyamanan kepada penumpang bak raja

 

Pengendara diberkati dengan fitur Power Seat , yang dapat mengatur arah kemiringan bangku, baik bangku penumpang atau pengendara untuk mencondong ke depan maupun belakang. For Your Information , fitur Power Seat ini hanya bisa didapatkan hanya di dalam mobil – mobil mewah saja.

 

bagasi Camry Hybrid

bagasi Camry Hybrid memberikan ruangan yang cukup untuk barang muatan

 

Untuk ruang bagasi , Camry Hybrid memberikan ruang muatan yang cukup untuk di dalam kelas sedan. Untuk masalah audio , Toyota memasangkan enam inci touchscreen display dan delapan speaker audio system dengan AUX/USB input dan juga Bluetooth dengan audio streaming. Speaker Toyota Camry merupakan speaker yang tercanggih untuk mobil hybrid saat ini. karena speaker Camry Hybrid memiliki  teknologi JBL Green Edge ,  yang dimana menghasilkan kualitas audio dua kali lipat tetapi menggunakan energy sebesar 50%. Terdapat juga DVD , CD , MP3 , dan WMA player. Kombinasi antara 2 Din audio-video Navi serta JBL green edge speaker berhasil memanjakan telinga saya. sementara untuk Air conditioner terletak di bagian depan , yaitu di bangku penumpang bagian depan , di tengah , dan di depan  pengendara.

 

cabin Camry Hybrid

kabin Camry Hybrid , terlihat simple namun elegan

 

Safety

 

Untuk masalah keamanan , Toyota mobil Hybrid mendapatkan enam bintang dari National Highway Traffic Safety Administration. National Highway Traffic Safety Administration adalah salah satu executive branch di United States yang tugasnya adalah memberikan tes keselamatan dan keamanan pada kendaraan . Nilai yang paling tinggi adalah  “ enam bintang “ . Dan yang terendah adalah “ satu bintang “. Enam bintang artinya memberikan perlindungan terbaik dengan resiko cidera tinggi. Toyota Camry Hybrid berhasil mendapatkan nilai enam bintang untuk uji tabrakan dari depan , tabrakan dari samping , dan juga kecelakaan yang terburuk adalah mobil sampai terguling.

 

airbags Camry Hybrid

letak posisi Airbag Camry Hybrid. memberikan perlindungan maksimal baik kepada pengendara maupun penumpang

 

Sedan Hybrid ini mendapatkan enam bintang karena Camry Hybrid memiliki enam airbags , yaitu di bagian penumpang depan , pengendara ,  samping bangku kiri dan bangku kanan depan , dan dari pintu depan sampai belakang , baik di sisi sebelah kiri dan kanan. Untuk pengendara, diberikan airbag khusus di area lutut untuk memaksimalkan perlindungan. Dan juga terdapat Rear view camera yang sangat jernih di malam hari karna sudah dilengkapi dengan system Auto Day and Night inner Mirror.

 

 

Performance  and technology

 

Toyota telah menjadi brand yang paling sukses dan berpengaruh dalam hybrid system. Camry Hybrid memiliki 2.5 liter empat mesin silinder petrol di bawah kap mesin. , yang dimana motor elektrik memberikan tenaga lebih untuk digunakan ketika mesin sedang istirahat . Jika mobil berkendara dengan  EV mode , Toyota Camry Hybrid tidak menggunakan sama sekali bensin dan tidak mengeluarkan gas karbon dioksida ataupun gas emisi lainnya. Toyota mengklaim bahwa konsumsi bensin Camry Hybrid hanya 5,2 liter per 100km , yang membuat Camry Hybrid adalah mobil dengan pengeluaran ekonomi yang sedikit. 33% lebih efisien dari Camry non-hybrid ( 7,8 liter per 100km ). Tidak seperti kendaraan non-Hybrid lainnya , semakin menyala-matikan mesin anda ketika sedang berkendara , semakin hemat pengeluaran ekonomi dari Camry Hybrid , bahkan bisa sampai 9,1 liter per 100km.

 

Driving and comfort

 

Para insiyur yang mengatur cara mengendara Camry Hybrid melakukan pekerjaan yang luar biasa pada model dasar , dimana model tersebut pas dengan 16 inci roda yang sederhana dan ban michellin. Pengaturan mobil tersebut disetel untuk dikendarai dengan nyaman. Transisi antara elektrik dan hybrid mode sangat cemerlang dan halus. Tidak seperti mobil hybrid yang lain , dimana masih mempunyai NVH yang buruk ( noise , vibration , harshness ) di kelas hybrid. Kabin Camry Hybrid memberikan ruangan yang terpisah dengan baik dari mesin , transmisi , angin, dan kebisingan , yang memaksimalkan kenyamanan pengendara dan penumpang. Rem nobil memiliki pedal yang bagus dan feeling yang enak, dimana merupakan salah satu kenyamanan yang langka di dalam mobil Hybrid. Setir mobil responsive dan kendaraan yang nyaman, tidak bersuara dan terkontrol.

 

 

 

Inilah ketangguhan dari Toyota Camry Hybrid. Sedan ini sudah mempunyai keunggulan di luar batas mobil hybrid pada biasanya. Sedan ini mempunyai kenyamanan , kekuatan , kelincahan yang selalu dicari oleh para pecinta otomotif.  Dan Saya yakin , bahwa Camry Hybrid terbaik indonesia

 

Author : Rico Tirta Wijaya

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s